Rabu, 25 April 2012

Logika dan Perasaan

Saat melihat pasangan yang saling bergandengan tangan, saya kemudian mengandeng tangan saya sendiri kemudian berdoa..” semoga orang yang akan mengenggam tangan saya nantinya, tidak akan pernah melepaskannya..semoga dia adalah orang terbaik yang akan membuat saya menjadi yang terbaik untuknya juga..amin ya Robal Alamin”. Liat drama korea yang berderet di TV membuat saya sadar bahwa cinta yang ada di TV adalah khayalan, ya mungkin karena saya belum pernah merasakan yang seperti itu, cinta yang manis.. dalam kenyataan cinta penuh dengan syarat, penuh dengan harga, penuh dengan kesepakatan.
Saya tidak pernah berfikir akan memahaminya, tidak ada cinta yang apa adanya, yang ada adalah cinta dengan penuh tuntutan dan parahnya semua itu adalah benar. Apa yang kamu punya itulah yang bakal kamu dapetin. Saya bersyukur pernah mengalaminya, membuat saya semakin tidak bersikap “matre”. Smakin menghargai karakter seseorang dan ketulusan dan kepedulian. Ya itu mungkin akan sangat susah didapatin tapi itulah kenyataannya. Saya sampai berpikir apakah nantinya saya akan menikah dengan orang yang saya cintai atau yang mencintai saya, atau malah sebaliknya. Berkompromi dengan dunia sama skali tidak salah, malah lumrah. Tapi saya percaya setiap perjalanan hidup pasti memberikan pengalaman yang berharga, membuat kita tidak akan jatuh berkali-kali.
Saya kalau dalam cinta ibarat seperti “anak bebek”. Anak bebek akan mengikuti induknya kemanapun. Ya seperti itulah, walaupun banyak dalam perjalanannya saya akan melihat kesamping-samping, mendengar suara di kiri atau kanan, saya akan tetap percaya untuk mengikutimu dibelakang. Saya menyadari kalau saya tipe yang bodoh. Banyak yang bilang saya begitu, oleh karena itu saya bersikap hati-hati. Saya benar-benar melihat apakah nantinya saya akan dikecewakan atau tidak. Yah semua kemungkinan pasti ada. Mungkin terkadang sya salah. Tapi saya percaya kita pasti dipertemukan pada saat waktu dan keadaan yang terbaik.

Tapi saya tidak selurus itu. Ya kembali lagi manusia pasti banyak salahnya. Sering penilaian saya salah c ya, melepaskan orang yang berharga adalah salah satunya..relativ c ya penilaian itu memang. “wasting time” pernah benar-benar menohok bgt. Tapi saya bersyukur saya jadi mengerti beberapa hal tentang orang lain. Dan sebenarnya semua orang juga sama, saat saya sudah berpaling maka saya tidak akan kembali lagi, karena pada saat itu saya telah sadar, tidak ada mantra-mantra cinta sehingga saya bisa berfikir dengan logika saya.
Mulai saat ini saya berusaha berfikir secara logika. (sebelumnya saya lebih menggunakan perasaan saya (ya mungkin 60 : 40 /perasaan : logika) tapi sekarang saya akan menggunakan logika (ya mungkin 40 : 60 / perasaan : logika) ). Jadi saya akan tidak menjadi anak bebek lagi…hehehhehehe. Saya ingin menjadi lebih terbuka, setara, menjadi lebih manis untuk yang selanjutnya. Menggunakan semua keahlian saya untuk memberi kebahagiaan..(sebelumnya saya lebih sering diam, karena sangat terbawa perasaan, perasaan menekan jati diri saya kadang-kadang)… 



Masa Kecil

Saya lahir bukan di rumah sakit tapi di rumah bidan…hehehhehe lahir di mojokerto 10 februari 1988. Jadi suka sama angka  10 sama 2 (kagak penting..juga yah..). Katanya waktu kecil lebih cantik dari pada pas gedenya (mungkin terkena polusi udara, jadinya tambah tua tambah jelek ajah..salahin pabrik-pabriknya huhuhuuuuuuuuuuuu). Terkenal pendiam dan penurut. Yah percaya g percaya pasti banyak yang percaya, liat casingnya ajah udah keliat kalem..(PD gila..)..hahahahha
Waktu kecil tepatnya TK tuh udah suka-sukaan sama kakak kelas, waktu TK nol besar udah bisa naek sepeda, jadi sore-sore gt sepedaan lewatin depan rumah kakak kelas…berharap bisa liat anaknya cie..anak kecil. Dapet surat cinta pertama tu kelas 3 SD, bukannya gimana-gimana anak umur segitu dapet surat cinta kayak dapet BOM gt, takut setengah mati…mau baca tuh deg2n gila takutnya. Akhirnya dibuang tu surat di kali belakang sekolah…hehehheheh maaf ya buat yang kirim. Di SD tu suka di ledekin khan ma siapa/anak laki-laki yang mana, uhm lumayan sering juga. Sering juga suka-sukaan ma temen sekolah, les, maen..hehehehhe. Banyak juga ah ya…hehehhe
Gaya suka-sukaan anak SD
1. Pas senam sekolah hari jum’at pagi, cari posisi yang deket sama gebetan, sukur-sukur bisa liat-liatan.
2. Kirim surat cinta, atau nulis di bangku gebetan..
3. Ngeliatan mulu, sampe jatohlah, inilah….
4. Ngerjain/gangguin/gebetan..
5. Nelpon rumah gebetan (kadang pas diangkat seringnya dimatiin..hehehhehe)
6. Ngatain sama nama orang tua gebetan
7. bantuin gebetan kalo digangguin..like hero gt lah…
8. Masih banyak lagi c cuman g terlalu inget…
Pernah waktu SD ditembak ma gebetan, dikelas gt, bukannya jawab malah teriak-teriak takut sambil keluar kelas (aaaaaaaAAAAAAAAAAAA)….weh g tahu kenapa dulu gt, sampe sekarang ajah masih herman eh heran. Tapi selama SD g pernah pacaran, soalnya takut sama g boleh juga c ya.
Kalau prestasi waktu TK mah jelek, kalo SD naik turun…pernah rangking 11, uhm dimarahin abis-abisan. Saya g terlalu suka belajar (kecuali hal-hal yang lagi penasaran loh ya…). Lebih tepatnya g terlalu suka ngehapal sesuatu. Rada parah ingatan ne… Pertama kali dapet nilai “100” tu pas kelas 4 SD waktu itu ulangan matematika..dari situ langsung semangat sekolah. Jarang juga yang dapet nilai 100 pas ulangan..huhuhuhu jujur amat yah apalgi yang hapalan..jadi g terlalu suka hapalan, suka ma matematika. Waktu SD tu musti sama jawaban ma buku panduan loh pernah ne kejadian yang menurut q bener tapi disalahin gara-gara g sama ma buku panduan :
Kelas 2 SD, “sehari berapa kali sikat gigi?” q jawabnya 3x ehm salah soalnya dipanduan tu 2x, udah protes padahal tu 3x soalnya sama malem hari. Dan cuman saya ajah yang salah satu kelas…malu…..
Kelas 5 SD, tentang aurat wanita, q jawab pake telapak tangan, disalahin...huhuhuuh
Waktu kelas 5 ada lomba cerdas cermat se Kecamatan. Uhm udah yakin tu bakal diikutin buat mata pelajaran matematika, ehm ternyata dipilih buat IPA. Aduh udah g semangat sama ngambek juga sebenernya, khan saya g suka ngehapal-hapal gt. sampe dijelasin ma gurunya gt, kalau yang wakilin IPA tu g ada…(bye bye matematika..dari situ udah g semangat….). Ikut lomba gt juga g bilang ma orang tua saya ne, diem ajah…harusnya minta doa kek..kalah pan jadinya. Cuman masuk sampe 5 besar doang..(lumayan dapet buku tulis satu pak, padahal ngawur ajah pas jawabnya..hehehheheh)
Pernah ada hal yang memalukan bgt pas SD, waktu tu iseng manjat Pohon Mojo yang didepan kelas gt..trus tiba-tiba kaki ditarik ma kakak kelas (sama-sama cew loh ya) akhirnya jatoh gt…gedebug gt dengan posisi yang rada parah gt yah, langsung nangis Bombay, dikerubutin anak-anak 2 SD...kayak tontonan aja (bukan karena sakit nangisnya, tapi malu bgt, hehehehhehe rahasia, jangan bilang siapa-siapa ya…). Akhirnya dipulangin kerumah deh waktu itu…besoknya malu abis deh mau ke sekolah…cape deh…
Oh ya waktu SD da temen deket yang satu kelas cuman g pernah satu bangku, cuman rumahnya adep-adepan, namanya mb Tentri, waktu kecil banyak yang bilang miriplah, kayak anak kembarlah..sampe sekarang masih temenan ya walaupun udah jarang maennya…dulu sering maen bareng, masak-masakan bareng, bulu tangkisan bareng, wayang-wayangan bareng, nari-nari bareng, nyanyi-nyanyi bareng ma dia, jadi pengibar bendera tiap senin sama dia, kemana-mana b2 banyak bgt deh... ne dia tersangkanya..best friend forever…


Jumat, 20 April 2012

Menyia-nyiakan sesuatu…


Kadang kita tidak sadar telah melewatkan sesuatu atau banyak hal…
Kita terlalu fokus melihat ke depan, tanpa melihat disamping kanan dan kiri kita…
Ilusi didepan mungkin lebih menyilaukan, karena bisa terlihat jelas…
Sedangkan yang berada disamping kita kadang tidak terlihat atau tidak tampak…

Ada dua kemungkinan…
Saat kita telah melangkah, kita menemukan tujuan hidup kita, dan kita bahagia..
Atau saat kita telah melangkah, kita terjatuh…
Kemudian kita berpikir dan mencari sebab kita terjatuh…
Kita melihat kebelakang…
Baru terlihat hal-hal yang pernah berada disamping kita…

Kita berfikir harusnya kita  tidak menyia-nyiakan hal-hal itu..
Smakin kita menyakininya berarti kita semakin menyia-nyiakan langkah kita…
Berandai-andai hanya akan membuat kita smakin lemah…
Dan itulah sia-sia yang sebenarnya…
Mungkin kita salah karena terbuai oleh ilusi yang membuat kita terjatuh..
Tapi bukan salah kita kalau kita tetap melangkah, karena hidup tetaplah harus melangkah…
Dan itu adalah yang terbaik…



Kata lama

        Pas lihat-lihat buku catetan sama file-file zaman bahela nemuin beberapa kata-kata yang cukup ”lucu”. Sengaja tahunnya diilangin menghindari gesekan-gesekan yang akan terjadi..hahahhahahahahha gaya gesek kali…
sebenernya banyak kata yang pernah tertulis, tapi entah kemana keman kemana, dimana dimana dimana ku goreskan tintaku..
Tapi bagiku kata bukanlah sesuatu yang akan aku lihat lagi nantinya tapi hanya pelepas emosi rasa yang ada didalam hati atau pikiranku..Suatu hal yang tidak bisa disembunyikan atau dihindari…
Ne cuman ada tiga yang g terlalu panjanga/g terlalu emosional/cukup ringan… hehhehehehehhe

30/5/20--
Entah sampai kapan semua ini berakhir…
Ingin sejenak memilikinya…
Sejenak saja…
Tapi jika nantinya akan benar-benar berakhir maka…
Akhiri sajalah…
Jangan melihat hatiku, sayangku, dan cintaku untukmu..
Mungkin akan sangat sakit kurasakan namun biarlah…
aku kan bertemu dengan kekasih sejatiku..
Kekasih seumur hidupku…


13/06/20--
Sedang dilanda kebingungan…
Lagi lagi hati ini tidak bisa diajak bekerja sama…
Ia tiba-tiba mundur dengan sendirinya…
Seperti sel tubuh yang sedang bunuh diri…
ia tiba-tiba membunuh perasaan ini…
Entahlah apa jadinya sekarang…
Sama sekali tidak mampu berfikir lagi…


27/05/20 --
Aku mencintainya….
Seperti malam yang tulus mengharapkan mentari walau akan membutnya menghilang…
Aku mencintainya…
Seperti batu yang rela tertetes air embun walau nantinya dia akan hancur…
Aku mencintainya …
Hanya untuk segala tawa indahnya walau nantinya akan melukaiku…
Aku mencintainya…
Dengan harapan kebahagiaannya walau aku menerima kepedihan..


Aku benar-benar mencintainya…

Senin, 16 April 2012

Memanjangkan Lengan Baju

 G semua lengan baju bisa dipanjangin, tergantung ma bentuknya.....ne kebetulan bisa soalnya cuman bagian ujungnya ajah yang di jahit, jadi bisa dirubah tanpa ngerubah modelnya (yang pake dikancing  ke atas..)



Ini dia probelmnya kenapa bisa dipanjangin, soalnya cuman dijahit ajah...dan kalau mau di tarik ketas bisa digulung manual....

Ne peralatan tempurnya..hehehhehehehehehe

Jadi dibongkar bagian ini..tar baru dijahit lagi......

Jahitnya dia kali....bagian dalemnya utrus biar kuat bagian luarnya...biar g mbrodol kalo bahasa latinnya....(yang dalem jahit biasa ajah, yang luar tu kayak jahit iket..biar rapi juga...

Rapi juga khan..ya walau dalemnya g rapi asal telaten nanti luarnya bisa rapi kuk.....

This is it.....lumayan buat yang pake jilbab biar g ribet....ne dari lengan 3/4 bisa jadi 7/8 loh....
nambah sekitar 10 cm......selamat mencoba.....

Tahu Pong-Melompong

Pernah makan tahu yang dalemnya melompong, trus kulitnya kerasan-krispi gt....
jadi ternyata itu bukan cuman dari proses gorangnya, tapi dari jenis tahunya...
pas ada acara dirumah, disuruh goreng tahu buat suguhan....ne tahu bulet yang teksturnya kayak saya bilang tadi....
ne tahu belinya cuman dipasar deket rumah ajah kuk, mereknya "enak" produksi malang.....




Ne liat ajah perbandngan tahun bulet yang belum ma sudah digoreng, beda bgt khan...mengembang 2x lipat...
oh ya ne pas gorengnya g usah di rendem garem lagi, cuman bawang putih aja bentar...soalnya dari sananya udah da rasa asinnya...


Bubur Sagu

Bubur sagu, ya jelas otomatis dari sagu...tapi mungkin sedikit orang yang g tahu kalo buat bubur sagu bukan dari tepung sagu (atau yang biasa orang bilang tepung tapioka yang buat empek-empek...)...
ne sagunya berupa batangan, keras kayak batu..

Karena keras bgt jadi musti direndam dulu, diair dingin ajah cukup sampe dia lunak. Baru bis tu dimasak biasa dicampur air biar g terlalu padet nanti hasilnya...


Kalau dirasa udah kental (sesuai ma selera aja...) dan ne bentuknya......
Sekarang kita buat santan sama gula merahnya...gampang bgt..... 

Untuk santan, emang c dimana-mana udah banyak santan instant, tapi gmn pun mending buat sendiri. kalau ada yang males karena marutnya, ya dipasarkhan udah banyak tempat buat marut..jadi kita tinggal peras...(ya masa meras juga males...soalnya kita pengen kental atau cair santan kita ya tergantung pas meras ini...)
Dari kecil seneng bgt part yang atu ini, soalnya seneng bgt makanin kelapa ENAK BGT...hehehhehe (jangan diketawain yah...perlu tahu juga kalau kelapa tu (yang belum dimasak) tu punya kandungan sama ma yang di ASI dan itu bisa membantu kecerdasan..cuman lupa nama zatnya apa...)

ne santannya setelah dimasak......pake api yang paling kecil aja...

Ne buat gula merahnya....



Ne buburnya, enak kuk, lebih suka dari pada yang bubur dari tepung atau beras ketan...dan ini baik bgt buat diet loh (tp jangan pake santen ma gulanya yah...) . rasanya sagunya ini emang sengaja dibuat agak hambar, cuman teksturnya tu okeh bgt deh....boleh dicoba biar tahu...hehehehehh selamat mencoba...
oh ya ne ditambah tape juga enak loh.....hehehheheheheh

Becak Motor

Pernah ada yang naek becak motor g?......ya mungkin banyak juga yang pernah...(hehehhe asal aja)..
kalau saya pribadi c naek becak motor tu takut, dengan kecepatan dan posisi tempat duduk itu bener-bener didepan itu bikin g nyaman (emang bahaya loh sebenernya). 
Becak sendiri khan emang dibuat untuk kecepatan rendah.
Bukan berarti pake tenaga manusia itu lebih baek (pasti da yang protes, kasian kalo terus-terusan pake ngayuh sendiri dizaman yang udah makin cangih..)
bukan itu maksud saya dan bukan itu inti masalahnya..
masalahnya adalah dengan kecepatan yang cukup tinggi (ya bisa nyampe 40 km/jam-n) sama skali gak ada alat pengaman. 
ne alternatif yang sepet terlintas dipikiran :
1. Pake helm aja yang penumpangnya (weh jangan ketawa dulu, ne khan sama aja kayak naek motor toh..lek perlu musti SNI..hehhehehe)
2. Pake sabuk pengaman, biar lek ngerem mendadak atau semacamnya kita g jatuh...
3. Jadi bentuk becak dirubah,didepannya tu dikasi kayak pager (duh apa ya..semacam pintu kecil...q pernah liat c,,,semacam becak yang ada diluar negeri (masih di asia negara juga)


ya kalo ada saran-saran lain boleh...hehehhehehehhe bukan bermaksud apa-apa,,,,

Selasa, 10 April 2012

Es Campur Seadanya

Hasil perburuan tanpa sengaja...akhirnya terkumpul, beraneka rasa...cuman hasilnya enak....
ne coba ajah ada nata de coco rasa manga, ager2, lecy, degan, nanas (nanasnya disetup dulu ya...), trus siropnya rasa coco pandan...
walah bihneka tunggal ika bgt yah....





hasilnya neh...ehm g niat potonya yah...hehehehhe..keasyikan makannya seh....
sampe kelupaan....hehehheheh
padahal rasanya enak cuman kalo penyajiannya g cantik ya kek gini deh.....
bener kata orang, kita makan itu awalnya dari mata, trus makan pake mulut..hehehheheheh
boleh dicoba rasanyaa.....enak seger betul....
seneng kalo buat-buat es..apa lagi siang-siang panas-panas......
trus jadinya satu panci guede..sampe binggung gmn mau ngabisinnya..(awalnya c binggung, cuman akhirnya...abis juga...siapa lagi yan ngabisin..hehehhehehehhehehehehehe)

Rabu, 04 April 2012

Ambang Batas Wilayah/Kota

Kalau ngomongin tentang ambang batas, pasti langsung teringat tentang batas maksimal kemampuan sesuatu barang, lahan, wilayah, kota atau bahkan kesabaran (hehehheheheh). Tapi kali ini akan dibahas tentang ambang batas wilayah/kota. Dulu waktu kuliah sempet tertarik bgt sama yang namanya ambang batas wilayah/kota, cuman karena berbagai hal akhirnya lum memperdalam lagi…menyesal…. Cuman ini ada beberapa litelatur dikit tentang ambang batas wilayah/kota. Kalo kata Markus Zahnd bentuk sebuah kota tidak akan pernah selesai dan tidak akan pernah sempurna. Bentuk sebuah kota tidak akan pernah selesai maksudnya suatu perancangan kota yang berfokus pada bentuk kota yang terakhir sudah dianggap gagal karena sebuah bentuk kota akan terus-menerus berlanjut. Sedangkan bentuk sebuah kota tidak akan pernah sempurna maksudnya suatu perancangan kota yang berfokus pada bentuk kota yang komplet akan mengalami kegagalan karena sebuah bentuk kota akan terus menerus dikembangkan.
Jadi dari sini dapat disimpulin kalau suatu kota seperti maklhuk yang hidup berkembang, saat terjadi komplikasi atau sakit berarti tubuh sudah tidak bisa memenuhi kebutuhannya. Nah ini yang namanya ambang batas, saat pilihan diperlukan agar kota tetap terus berjalan dan hidup.

Diambil dari buku Pendekatan Ambang Batas dalam Perencanaan Kota, Wilayah, dan Lingkungan (Teori dan praktek) oleh Jerzy Kozlowski, 1995

Konsep ambang batas didasarkan pada observasi empiris yang mengungkapkan bahwa pembangunan kota pada umumnya menghadapi keterbatasan fisik yang diperlihatkan oleh berbagai lingkungan alam dan buatan. Keterbatasan ini telah dikenal sebagai ambang batas pembangunan.  Ada tiga kelompok faktor secara umum yang dapat menimbulkan keterbatasan tipe ambang batas perluasan kota :
1. Kenampakan (feature) fisiografik lingkungan alam
2. teknologi dan kerangka sistem utilitas umum dan sistem tranportasi yang ada.
3. penggunaan lahan atau pembangunan yang ada.
Walau keterbatasan ini sering memiliki karakter berbeda, mereka memiliki kemiripan yaitu dalam hampir semua kasus mereka tidak menampilkan keterbatasan absolute, tetapi menghalangi pertumbuhan kota selanjutnya, kecuali bila beberapa biaya investasi tambahan dialokasikan untuk mengatasi keterbatasan ini. Hal yang harus ditekankan bahwa dalam seluruh kelompok tersebut, yang melampaui ambang batas tidak hanya konsekwensi ekonomi saja tetapi juga konsekwensi lingkungan sosial.
Kesipulan umum yang muncul ialah bahwa keputusan untuk menentukan lokasi perluasan kota mungkin tidak dapat dibuat tanpa mengidentiikasikan terlebih dahulu keterbatasan fisik atau ambang batas dan untuk perluasan ini perlu menghitung biaya yang melampaui batas dan menilai konsekwensi lingkungan dan social lain tercakup.
Definisi ambang batas
Suatau ambang batas pada areal tertentu A selama periode waku tertentu merupakan sejumlah unit perumahan yang dibangun (n), dimana unit berikutnya tidak dapat dibangun dengan memakai biaya pembangunan per unit sebelumnya.
Definisi tersebut tentu saja merupakan definisi yang menggunakan pandangan matematis kaku, dalam bahasa yang lebih umum, ambang batas dapat dilihat sebagai keterbatasan fisik pada perluasan kota yang memperlihatkan bahwa unit pembangunan berikutnya (misalnya perumahan) “tidak dapat dibangun dengan biaya per  unit sebelumnya”

Tipe-tipe Ambang Batas (Klasifikasi)
Ada empat cara untama mengklasifikasikan ambang batas berdasarkan kriteria yang berbeda :
1. Klasifikasi 1, menurut konsekwensi biaya yang melampaui batas
            Dua tipe ambang batas utama dapat dibedakan apabila mempertimbangkan konsekwensi biaya yang melebihi ambang batas, yaitu ambang batas “tangga” (stepped threshold) dan ambang batas “tingkat” (grade threshold). Ambang batas tangga memerlukan biaya tambahan yang harus dikeluarkan bila terjadi kelebihan ambang batas. Hal ini berarti bahwa biaya ambang batas tangga total perlu diadakan sebelum unit perumahan pertama dibangun. Sedangkan ambang batas tingkat merupakan ambang batas yang membutuhkan biaya tambahan yang harus dikeluarkan diantara seluruh unit-unit perumahan baru yang lebih besar dari pada pembangunan untuk unit-unit sebelumnya.
2. Klasifikasi 2, menurut suatu sebab yaitu karakter faktor fisik yang menentukan keterbatasan ambang batas
Klasifikasi ambang batas karakter faktor fisik dapat diklasifikasikan lagi menjadi:
·         Ambang batas fisiografis, ambang batas ini ditentukan oleh karakter alami areal yang dinamis
·         Ambang batas teknologi, ambang batas ini ditentukan oleh teknologi sistem jaringan utilitas umum dan sistem informasi
·         Ambang batas struktural, ambang batas ini ditentukan oleh adanya areal yang dibangun (seperti struktur kota)
·         Ambang batas fungsional, ambang batas ini ditentukan oleh keberadaan atau fungsi lahan atau penggunaan lahan dimana mendatang
·         Ambang batas jasa, ambang batas ini ditentukan oleh kapasitas keberadaan fasilitas social dasar, seperti sekolah dan pusat perbelanjaan.
Klasifikasi ini tidak bersifat mutlak, sehingga terdapat kemungkinan untuk dtambahkan.
3. Klasifikasi 3, menurut tingkat perencanaan (atau pengelolaan), melalui perencanaan atau pengelolaan
Tipe-tipe ambang batas menurut tingkat perencanaan (atau pengelolaan) dapat dibedakan sebagai berikut :
·         Ambang batas tetangga terdekat,
·         Ambang batas kota
·         Ambang batas regional
·         Ambang batas nasional
4. Klasifikasi 4, menurut kepentingan khusus, dimana ambang batas didapatkan dalam hubungannya dengan pembangunan kota
Tempat ambang batas tertentu dalam hubungannya dengan uruan pembangunan dapat diidentifikasikan secara jelas pada hampir semua kasus, dan perbedaan hasilnya secara nyata dapat diperlihatkan dengan membagi ambang batas ke dalam :
·         Ambang batas perbatasan (atau maksimum) akan menunjukkan diterimanya batas-batas akhir dalam areal yang dianalisis pada pembangunan kota (pada standart ayang ditentukan sebelumnya, kemungkinan teknologi yang ada, ketersediaan sumberdaya, finansial, dan sebagainya)
·         Ambang batas normal adalah keterbatasan keterbatasan ambang batas yang dapat diatasi dengan menbuka areal berurutan bagi pengembangan kota. Ambang batas normal yang paling penting adalah ambang batas pertama yang menunjukkan batas dimana areal perkotaan yang dapat diperluas tanpa penambahan biaya pembangunan “tambahan”
·         Ambang batas menengah adalah ambang batas normal yang berada anatar ambang batas pertama dan ambang batas perbatasan.