Minggu, 26 Agustus 2012

Lepet

Biasanya ketupat ada pas hari Raya Idul Fitri. tapi didaerahku malah beberapa hari setelah hari raya, itu biasanya orang nyebutnya "kupatan". Biasanya kita buat ketupat, lepet, lontong sama sayur (bisa lodeh, manisa, atau terserah kebiasaan). Bedanya selain dimakan keluarga biasanya di kasih ke tetangga gt, kayak weweh c cuman ya isinya itu tadi. biar sama-sama berleban kali ya. kebiasaan yang bagus.....

Kali ini yang mau dibagi itu cara buat lepet. Susah-susah gampang c ya...(susahnya didepan loh ya..hihihihiih)...
Bahan-bahan yang musti disiapin itu ketan, janur, iket dari bambu, kelapa, sama garam.

Cra pembuatan:

Yang pertama itu musti ngerendam ketan semaleman. setelah mau dipake ditirisin dulu.

Yang kedua campurin ketan, kelapa, sama garem. kalau biasanya perbandingannya 1 kg ketan itu 1 butir kelapa..kalao kelapanya dilebihin lebih enak.
  

Yang ketiga bungkusin, ini ne yang paling susah.....musti telaten dan rapi. make sure kalau atasnya ketutup. jangan kayak saya yang g ngerti..hasilnya bagia atasnya bluber deh. oh ya jangan takut ngisi padet, ketannya g terlalu ngembang kuk beda sama ketupat atau lontong.


Yang keempat rebus kurang lebih 2 jam, jangan lupa ditambahin air kalau udah mulai surut airnya...

Slamat mencoba yah.......smoga hasilnya lebih baik dari saya...ehm..pasti lebih baik c..hehehheheheh



Anak GOT


Awas Playboy

            Dunia tak seindah daun kelor, perumpamaan yang rada aneh, ehm emang salah. Sebenernya bukan makna dunia yang sempit tapi dunia yang tidak indah. Setidaknya tidak seindah yang saya sendiri pikirkan. Kalau masalah duit seh emang dari dulu udah ngerti. Cuman baru ngeh ini tentang “Cinta”. Walaupun gak semuanya ngalamin sendiri cuman benar-benar menyadarkan saya. Dulu saya pikir saya cukup pengetahuan tentang yang namanya “cinta/percintaan” tapi ternyata NOL besar. Mungkin balik lagi, saat ini pengetahuan gak cukup soalnya yang dibutuhin itu pengalaman….inget pengalaman..
            Pengalaman sangat penting bukan untuk menjalani tapi untuk menilai dan memilih. Kalau menjalani it’s about commitment. Terutama buat cew-cew yang kayak saya ini, lugu dan gak ngerti apa-apa. Iyah bener dibanding sama temen2 yang lain, well saya merasa NOL besar. Tapi saya cukup beruntung masih punya prinsip-prinsip yang saya pegang teguh bgt. Saya membatasi diri sendiri. Ada-ada hal tertentu yang membuat saya berasa “selamet” karena gak kenal atau gak berhubungan sama “Playboy2 gak jelas”. Semoga aja gak pernah ya amin…..
            Ada dua pengalaman yang cukup membuat saya merasa campur aduk, heran, dan sadar. Yang pertama, ada seseorang yang kalau diliat dari tingkat pendidikan dan pekerjaannya udah tinggi bgt. Kalau gak salah udah S2. Kita kenalan dari seorang teman, awalnya baik-baik ajah tapi tiba-tiba dia bertanya tentang “gaya pacaran”. Saya langsung konfirmasi dunk ya, saya sendiri belum pernah “Kiss” (ih gak percaya…beneran ini serius deh…) dan saya gak akan mau kecuali dengan “Suami saya nanti”..(cieh cieh cieh…ahai de..). Kagetnya itu cow cuman mau deketin saya kalau saya meninggalkan prinsip saya itu, jadi kalau masih mau deket sama dia yak musti mau “kissssssssssss-muahmuah”. Dalam hati itu udah APAH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Sangat menunjukkan kualitasnya. Malah dia bilangin saya kalau saya diputusin pacar saya sebelumnya paling gara-gara saya gak mau gituan. Weh hello…..jambak-jambak deh kalau dia ada disini. Baru tahu kalau tingkat pendidikan gak selalu mempengaruhi etiket manusia, balik lagi yang batesin kita itu Agama kita.
            Trus yang kedua udah saya sempet ceritan di blog ya yang tentang ada orang yang ngikutin saya ke rumah. Yang minta kenalan itu. Jujur emang menyilaukan kalau liat bacgroundnya dia buat saya yang bukan siapa-siapa ini. Tapi dalam logika saya banyak hal-hal yang gak make sense gitu. Kesannya sembarangan, asal, dan ada maksud tertentu. Soalnya saya itu bener-bener tipe cew dibawah standart, cantik = ngak, mapan = ngak, prestasi = ngak, yang baik-baik dan bikin cew jadi shiny itu = ngak ada didiri saya sama sekali. Jadi saya sendiri merasa gak sreg bgt dan curiga. Yah akhirnya saya kenalin ajah sama temen yang “pasti suka”…Alhamdulillah bgt saya ngasihnya ke temen yang juga udah pengalaman, bukan playgirl juga ya tapi gak gampang ketipu. Dan ternyata tu cow rada-rada brengsek gt. Ini cerita temen seh tapi saya ngerasa beruntung. Tu cow belum apa-apa ajah udah berani tiba-tiba pegang tangan sama peluk…what…gila ya…tu bener-bener ehm…. Trus masa dibawa kondangan ma temen malah minta kenalan sama temennya temen cew pas ditinggal ma temen saya itu ke belakang. Hem…ganjen super. Trus masa udah kayak gt sama temen malah masih ngarepin saya, bilang sebenernya yang disuka itu sayalah, apa gak nyadar semua itu bikin dia malah terlihat sangat buruk. Playboy seh terserah cuman liat-liat juga kali khan saya sama temen saya yang satu ini itu bestpren. Masi bilang kalau jangan percaya ma temen lagi…aduh parah.
            Pembelajaran bgt c, tentang kelakuan cow. Memang gak semuanya kayak gt tapi kita juga musti hati-hati. Jangan sampai terjerumus sama kedok cinta yang isinya “nafsu” itu. Banyak yang bilang dan saya percaya juga “Kalau ada yang benar-benar sayang sama kamu, dia bakal jagain kamu” termasuk prinsip kamu karena dia angep kamu udah kayak dirinya sendiri. Mungkin bakal susah ditemuin yang satu itu tapi pasti ada, saya juga percaya kalau kamu adalah orang yang baik maka kamu juga akan mendapatkan orang yang baik. Jadi prioritas saya bukan mencari atau memilih yang baik saat ini tapi membuat saya dulu menjadi “baik”. Gak mudah tapi bukan berarti gak mungkin. Karena kita mengharapkan yang terbaik dan semoga yang baik itu segera datang…Amin ya Robal Alamin….
            








Rabu, 15 Agustus 2012

Met Lebaran Yah....


Kue Lebaran

Dari kecil gak pernah buat kue lebaran, setelah si Ibuk beli Oven akhirnya kemaren buat kue lebaran deh. kemaren buat tiga kue : nastar, buanga-bungaan, trus bulan sabit. ehm sebenernya g tahu namanya cuman tahu satu ajah yaitu nastar..well payah...hehehheheh
Sebenernya adonan yang dipake itu sama ajah. ini dia resep dari budhe :

Bahan : 
- Mentega 1/4 kg
- Telur 5 (kuningnya ajah)
- Terigu 1/2 kg
- Susu bubuk 1/2 ons
- Roombotter 1/2 ons
- Vanili 2 bungkus

Cara Membuat :
Nastar : yang dimixer dulu itu mentega, ma gula halus ma roombotter ma vanili, setelah itu baru telur. setelah cukup mengembang baru dimasukkin terigu sama susu.
Yang lain : yang dimixer dulu tu telur, gula halus, vanili. tercampur rata baru dimasukin roombutter ma mentega, setelah itu baru susu ma terigu. 


Dan hasilnya ccukup berbeda, lebih lembut yang nastar, "yang lain" itu lebih keras gtna.tapi enak yang agak keras trus rada-rada gosong gt..heehheheh selera yah ...masing masing....

 Menurut saya manggang itu yang paling susah, apalagi pake oven manual. musti dibolak-balik tempatnya, soalnya bagain belakang oven tu lebih manas.

 Ini hasil Nastarnya......guede kayak bakpia, jujur ne loyang yang pling kecil..yang sebelumnya bayangin ndiri deh gedenya..heehheheheheh
 Ne kue yang lainnya, rasanya lumayan kuk enak.......hehehheheheh




Tempat Air Minum Mineral

Suguhan buat tamu kalo sekarang-sekarang ini biasanya diberi "air mineral" atau semacamnya, biar praktis. Nah dirumah pasti punya dong tempat air mineral ini. Ada yang dari rotan, besi, atau plastik. Kalo dirumah kebetulan yang dari besi. Nah Masalahnya ne, udah beberapa tahun jadi karatan. Uhm....bakal malu dung kalo tetep dipake, pan jelek.... tapi tapi tapi juga pasti sayang buat dibuang. Nah ini salah satu alternatifnya, Khan ada ungkapan "Keburukan bisa ditutupi dengan kebaikan"...walaupun rada maksa kali ya..hehehhehehhehe

Ne salah satu yang udah saya praktekin sendiri, Uhm murah bgt kuk dari pada beli, cuman 10 menit ajah dan gak ribet. 
Murah...?relatif tergantung sama bahannya yang kita pakai buat nutupin, ne kalau saya pake renda sama pita. Kira2 habis gak nyampe Rp. 15.000 plus doble tipnya. kalao pake pita ajah bisa lebih murah lagi.  Kalo di Mojosari pita sama renda bisa dibeli di beberapa tempat : di Pasar Legi, trus Toko Teguh yang ada di Pasar Lawas.



Caranya mudah bgt kuk :
Pertama kita buat polanya dulu, kita tentuin gmn nanti bentuknya, tes tes gitu deh...
 
Kedua kita pasang dulu doble topnya, pastiin nempel sama besinya. oh ya sebelumnya dibersihin dulu tempat aernya...
Ketiga kita pasang deh renda/pitanya, pastikan menempel sempurnya.

Udah deh jadi, trus kalo mau lebih kuat ya di tali. maksudnya pakai benang ma jarum buat jahit trus setelah dikaitin ke besinya kita tali gtna.



 Ini Dia Hasilnya...Siap Mejeng pas Hari Lebaran neh..hehehhehehehheeheh



Selasa, 07 Agustus 2012

Bukber 4 Agustus 2012 Surabaya


..Hai hai kemaren sempet bekber sama sari's family..HSSehm kite sih rencananya ke Surabaya. setelah rapat pleno akhirnya diputusin kita ke ITC. Surabaya. Lum pernah kesana jadi semacam exited bgt. Disana tu jadi tempat grosir baju, sepatu, ma tas. Kalau yang niat belanja boleh d kesana I ke TC Surabaya. Harga bersainglah... lu boleh deh tanya tolko sebelah..hehehehheheheh

 


Dengan berat hati saya mengupload foto ini...heheheh sebeneranya kagak boleh sama empunya cuman isn't it so sweet and romantic...hahhahahahhahah dan tiba-tiba begitu banyak nyamuk-nyamuk nakal..hap hap hap langsung ditangkap..hehheheheheeheheheh


 
Sama Sari ne.....


Ne Wak Ji san..



Yang ini Windu sama Decky

Ini mreka berdua bingtangnya...hehehhe 
Setelah buka puasa, ehm kita turun buat belanja. dan setelah muter-muter g ada satupun yang beli...hehehhehe ehm cuman saya aja..hehehheheheheh yang diajak malah beli..hehhehehe rada rada ya jadinya...
sampai rumah alhamdulillah lancar sekitar jam 10 malem. nice trip yang isinya bener bener "jalan" hehehheheheh

Kapan-lapan jangan lagi deh ya...heheheheheheh

Bawang Goreng

Bawang goreng itu emang seh keliatan sepele bgt, well tapi ne sering bgt jadi pendamping hidup, eh salah penadamping makanan. Semacam penyedap gt deh, misal sop, rawon, soto biasanya bakal ditambahin ne bawang goreng. Bawang goreng biasanya dibuat dari bawang merah. ehm agak menyimpang ne, cuman emang bawang merah itu jahat kayak  didongengnya..huks..huks..). Kalo lagi diiris bisa bikin nangis. mungkin dari situ kali ya perumpamaan kenapa bawang merah jahat.. gak tau juga c, asal aja ini. 

Kalau kita beli bawang goreng dipasar tu rasanya c hampir sama ajah kalau buat sendiri, cuman di pasar lebih krispi karena ditambahin tepung, coba deh sekali-sekali diliat teksturnya. Cuman kalau buat sendiri itu emang lebih repot dan butuh perjuangan juga c, tangan ma baju bau bawang, lum ngupas dan ngirisnya trus gorengnya..some kind oh "capek" gitu ye. tapi emang lebih enak kalau bikin dewe c, lebih sehat karena kita tahu prosesnya. ne beberapa tips kalau mau bikin bawang goreng :
1. Setelah diiris tu direndem ma air garam biar g berubah warna.
2. Pastikan kita "mambung style" soalnya pas ngiris tu bikin baju kita bau bgt juga loh.
3. Buat ngilangin bau bawang ditangan coba deh ambil garam trus make sure kita balurin/gosok-gosokin ke tangan kita. setelah itu cuci ma air sabun. biasanyaperlu diulang 2/3 kali.
4. Simpen bawang ditoples biar lebih awet.




always remember that Buat sendiri memang lebih sehat...
selamat mencoba.....