Skip to main content

Persiapan pernikahan

       Sesuai dengan pengalaman menyiapkan pernikahan bagi seorang wanita adalah suatu hal yang penting, kita wanita punya impian pernikahan masing-masing. Sebagian besar menginginkan pernikahan yang indah, banyak bunga, di kebun, atau dimana gt ya. But pada prosesnya kita juga melihat kondisi keuangan dan keluarga. Semua harus disesuaikan, jangan sampai to much ya. Tapi tapi tapi we still pengen bgt ada yang spesial, yang bagus, yang g bakal terlupakan..pretttttttt. Percaya deh nanti suatu saat setelah menikah, akan ada penyesalan merasa to much menghamburkan uang rasanya. Rasa-rasanya yang ingin mempersiapkan pernikahan g bakal neh mikir sampe kesitu. 
      Saya berada di kota kecil yang cukup terpencil, sebenernya secara geografis yo ndak juga deket kota. Ada bersyukurnya dan ada engaknya seh, tapi banyak bersyukurnya karena kita jadi membatasi diri dalam menentukan pilihan persiapan pernikahan dan itu berarti kita bisa sedikit huum sedikit menghemat. Ada beberapa aspek yang sebenernya bisa dihemat, bisa dari pemilihan vendornya atau memang kita melakukan sendiri. Berikut ini beberapa hal yang bisa dihemat kali ya :

Prewedding :
Karena pengantinnya sama-sama malu jadi ya  foto sendiri di timer gt, kita mempersiapkan ini walaupun akhirnya g dipakek karena yang dipakek foto pas akad nikah. tapi bisa jadi ide kalo mau menghemat budget. klo disini minim foto prewed itu minim habis 1.5 jute.



Undangan :
Undangan ini yang dibutuhkan cuman survey survey survey cari harga yang paling murah nd kalo bisa dengan hasil yang bagus. beruntung skali ne dapet harga Rp. 3.500.00 per undangan buat undangan hard cover dobel. Padahal setelah cari mencari g ada di beberapa tempat dengan harga segitu, malah ada yang dapetnya soft cover aja ada malah yang biasa cuman pake amplop. 


Sengaja petunjuk rumahnya bikin sendiri, secara dl waktu sekolah dihina2 klo petanya kyk undangan, nah ne bikin peta undangan kyk kondisi aslinya, cuman g dicantumin skalanya ja biar g berlebihan kesannya :



untuk undangan elektroniknya buat sendiri jg, karena memang waktu itu setelah buka blog2 nikahan kuk ya lg ngetren (Kebawa deh jadinya) :

Kebaya
Kebaya ini saya buat memang hanya untuk akad nikah, walaupun beberapa orang menganggap mubazir, tapi gmn lg klo dikeluarga harus bikin/beli baru buat akad nikah, boleh pinjem klo punya keluarga sendiri, nah lo ya buat aja. Kainnya beli yang harga murah aja, trus jahitinnya juga dipenjahit yang sedang aja, ndak usah aplikasi macem2 karena saya memang g terlalu suka yang berlebihan gt. Sempet tertarik sama bikin baju diperias yang nanti bayar separo karena menjadi pemakai yang pertama, tp lebih murah bikin sendiri'e, apalagi klo kainnya dibeliin...hehehheheh. Sebenernya kainnya ini waktu beli kurang, tapi alhamdulillah bisa jadi tanpa beli2 kain lg. 


Sovenir
Sovenir ada 2, yang untuk resepsi sama untuk undangan sore. Yang untuk resepsi beli di PGS, sovenirnya gelas :
Ini yang bikin sendiri lo, sebenernya bikin sendiri sama beli langsung jadi hampir sama, kebetulan kapan hari kurang dan klo mau pesen butuh waktu lg, jadi akhirnya beli gelas dikedawung, kesalahan yang bikin mahal adalah kita beli aksesorisnya di PGS, ternyata jauh lebih mahal dari pada di kota sendiri. jatuhnya harganya sama. nah tips yang mau bikin gelas sendiri, beli gelas di Kedawung, mikanya di PGS, tapi doble tip, pita, hiasan bunga di kota sendiri aja, jatuhnya lumayan.

Nah Sovenir kedua itu kue di masukin toples di kasih tas. sayang ndak kefoto ternyata. buat kuenya sendiri ternyata jauh jauh lebih murah, tapi ya gt syaratnya satu, yang bantuin iklas dan membutuhkan tenaga yang lumayan. soalnya agak ribet ya.....


Trus gmn soal Katering, rias pengantin, terop....hal yang susah untuk dihemat dan besar, itu urusan ibuk. yang jelas jangan sungkan untuk tawar menawar dengan vendornya ya teman. biar bisa dapet harga miring. itu dulu deh yang dibagi, kapan2 disambung lagi. sudah lama tidak menulis ternyata susah juga membangkitkan moodnya...tp tetep semangat....



Comments

Popular posts from this blog

Memanjangkan Lengan Baju

 G semua lengan baju bisa dipanjangin, tergantung ma bentuknya.....ne kebetulan bisa soalnya cuman bagian ujungnya ajah yang di jahit, jadi bisa dirubah tanpa ngerubah modelnya (yang pake dikancing  ke atas..) Ini dia probelmnya kenapa bisa dipanjangin, soalnya cuman dijahit ajah...dan kalau mau di tarik ketas bisa digulung manual.... Ne peralatan tempurnya..hehehhehehehehehe Jadi dibongkar bagian ini..tar baru dijahit lagi...... Jahitnya dia kali....bagian dalemnya utrus biar kuat bagian luarnya...biar g mbrodol kalo bahasa latinnya....(yang dalem jahit biasa ajah, yang luar tu kayak jahit iket..biar rapi juga... Rapi juga khan..ya walau dalemnya g rapi asal telaten nanti luarnya bisa rapi kuk..... This is it.....lumayan buat yang pake jilbab biar g ribet....ne dari lengan 3/4 bisa jadi 7/8 loh.... nambah sekitar 10 cm......selamat mencoba.....

Metode Delphi

Metode Delphi merupakan suatu teknik membuat keputusan yang dibuat oleh suatu kelompok, dimana anggotanya terdiri dari para ahli atas masalah yang akan diputuskan. Proses penetapan Metode Delphi dimulai degan identifikasi masalah yang akan dicari penyelesaiannya (Harold dkk, 1975 : 40-55). Berikut ini merupakan proses Metode Delphi : Metode Delphi yang mula-mula dikembangkan oleh Rand Corporation untuk keperluan militer, kini banyak digunakan dalam prakiraan teknologi dan banyak  bidang lain (Maassen dan Van Vought, 1984); Uniersity of Washington, 1985). Tujuan metode Delphi adalah untuk mendapatkan konsensus tentang hal-hal yang tidak mempunyai criteria obyektif (University of Washington; 1985 ; Rchel et al, 1985). Metode Delphi pada dasarnya merupakan suatu konperensi jarak jauh dengan menggunakan kuisioner. Menurut maassen dan van Vught (1984) hasil metode Delphi lebih teliti dan tingkat konsensus lebih tinggi daripada hasil pertemuan tatap muka dalam lokakarya. Hal in

Melahirkan Normal at 41 Minggu

              Melahirkan di minggu 41 memang cukup beresiko, pilihannya cuman dua induksi atau sc. Sebelumnya tidak ada yang aneh selama kehamilan. Trimester pertama sukses dijalani dengan aman, ya walaupun mual muntah sampai bikin mewek2 juga. Menjadi sensitif selama hamil adalah hal yang kadang kurang dipahami orang lain padahal ini adalah akibat berubahnya hormon selama kehamilan. Setiap bulan saya memutuskan ke dokter untuk memeriksa kandungan, walaupun ada yang bilang USG bisa mempengaruhi janin. Sempat ketar-ketir juga tapi berkat mbah google saya lebih tenang karena ini tidak sepenuhnya benar. Selama pemeriksaan semuanya normal saja cuman awal2 saja terjadi insiden yang mengarah ke mall praktek yang saya utarakan sebelumnya.               Trimester kedua, ini bulan madunya wanita hamil. Badan sudah mulai fit dan bisa menikmati kehamilan dengan nyamannya. Si kakak sudah mulai gerak-gerak didalam perut. Menakjubkan sekali ada sesuatu yang bergerak dalam perut. Masih didalam per