Sabtu, 25 Februari 2012

Sistem Polder

Akhir-akhir ini sering ditv iklan perumahan yang ada di Jakarta. Di Jakarta kite semuenye tahue kaloe (susah bener ye ngomongnye..hehehheheh) kalo langganan banjir atau pasang air laut (banjir rob). Perumahan-perumahan itu banyak ngeklaim daerahnya bebas banjir yes……. F3 (free from flood), mereka menggunakan sistem polder. Nah g sengaja pas baca nemu tentang sistem polder ini.
Sistem polder (non gravitasi) adalah suatu sistem dimana kawasan tersebut diisolasi terhadap pengaruh muka air banjir/muka air laut pasang yang ada di luar kawasan reklamasi dan juga elevasi muka air banjir yang terjadi akibat hujan lokal yang turun di dalam kawasan tersebut dapat dikendalikan.
Komponen drainase sistem polder terdiri dari :
- Tanggul berfungsi untuk mengisolasi kawasan tersebut terhadap limpasan/bocoran dari luar sistem, seperti banjir dan air laut pasang
- Pintu air berfungsi untuk menahan air banjir/air laut pasang dari luar sistem agar tidak masuk ke kolam retensi/saluran dan untuk menyalurkan debit banjir keluar sistem pada saat terjadi kerusakan pompa dan muka air di luar sistem lebih rendah dari muka air di dalam sistem
- Pompa air berfungsi untuk menyalurkan debit banjir ke luar sistem pada saat terjadi hujan
- Kolam retensi berfungsi untuk menampung debit banjir pada saat terjadi hujan
- Jaringan saluran drainase berfungsi untuk menyalurkan debit banjir dari seluruh sistem ke kolam retensi/stasiun pompa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar