Minggu, 26 Agustus 2012

Lepet

Biasanya ketupat ada pas hari Raya Idul Fitri. tapi didaerahku malah beberapa hari setelah hari raya, itu biasanya orang nyebutnya "kupatan". Biasanya kita buat ketupat, lepet, lontong sama sayur (bisa lodeh, manisa, atau terserah kebiasaan). Bedanya selain dimakan keluarga biasanya di kasih ke tetangga gt, kayak weweh c cuman ya isinya itu tadi. biar sama-sama berleban kali ya. kebiasaan yang bagus.....

Kali ini yang mau dibagi itu cara buat lepet. Susah-susah gampang c ya...(susahnya didepan loh ya..hihihihiih)...
Bahan-bahan yang musti disiapin itu ketan, janur, iket dari bambu, kelapa, sama garam.

Cra pembuatan:

Yang pertama itu musti ngerendam ketan semaleman. setelah mau dipake ditirisin dulu.

Yang kedua campurin ketan, kelapa, sama garem. kalau biasanya perbandingannya 1 kg ketan itu 1 butir kelapa..kalao kelapanya dilebihin lebih enak.
  

Yang ketiga bungkusin, ini ne yang paling susah.....musti telaten dan rapi. make sure kalau atasnya ketutup. jangan kayak saya yang g ngerti..hasilnya bagia atasnya bluber deh. oh ya jangan takut ngisi padet, ketannya g terlalu ngembang kuk beda sama ketupat atau lontong.


Yang keempat rebus kurang lebih 2 jam, jangan lupa ditambahin air kalau udah mulai surut airnya...

Slamat mencoba yah.......smoga hasilnya lebih baik dari saya...ehm..pasti lebih baik c..hehehheheheh



2 komentar:

  1. klupaan kacang berasnya oey.. lbh mantep lagi klo dicampur kcg beras, mamaku bikinx gt kmren sil.. aq kmren bikinx awal2 pke janur, lama2 gak tlaten akhirnya dibungkuslah pke daun pisang, hahaha... mbrodol2 isinya klo pke janur,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah pake kacang merah biasanya, tapi ini lg g pake cin...orang ne nyoba2..hehehhehehe sebenernya lek rapet gt g brodol..cuman ne tangan g trampil...heehhehehe

      Hapus